Sabtu, 11 Juni 2016

Suami Duk Sun di Reply 1988


“Akhirnya, takdir dan timing tidak terjadi begitu saja.
Tapi merupakan hasil kesungguhan, pilihan sederhana, yang menciptakan momen ajaib.
Menjadi tegas, tanpa ragu, itulah timing.”

Sebelum nonton Reply 1988, aku sudah menaruh harapan dan kemungkinan 70 persen bahwa Taek yang akan jadi suami Duk Sun nantinya. Alasannya sederhana. Karena Park Bo Gum (aktor pemeran Taek) sedang naik daun belakangan ini. Juga karena dia yang paling cakep menurut aku.

Itu yang senyum boleh dikarungin bawa pulang?

            Berdasarkan dua serial Eungdabhara sebelumnya, Reply 1997 dan Reply 1994, aku berusaha mendapatkan petunjuk yang bisa membantu aku menemukan suami Duk Sun lebih awal. Pertama, dengan melihat info dramanya di asianwiki. Yoon Jae yang jadi suami Shi Won di Reply 1997 dan Sseuregi (Sampah) yang jadi suami Na Jung di Reply 1994 posisinya lebih berdekatan daripada cowok-cowok-berpotensi-jadi-suami lainnya.

Pemeran Reply 1997
Pemeran Reply 1994
Pemeran Reply 1988

            Di Reply 1988, ternyata …Jung Hwan. Ini menyebabkan aku sedikit ragu, jangan-jangan Jung Hwan lah suami Duk Sun.

            Kedua, suami pemeran utama cewek adalah orang yang tinggal berdekatan dengannya dan sering makan semeja. Bahkan si cewek cenderung seperti ‘mengasuh’ (calon) suaminya. Kenyataannya, orang sekompleks Ssangmun-dong sudah tentu tinggal berdekatan, dan mereka sering makan bareng terutama lima sekawan itu. Jung Hwan yang anak pemilik kontrakan rumah Duk Sun bisa jadi suaminya. Atau justru Taek yang ‘diasuh’ Duk Sun akan menikahi Duk Sun di masa depan.

            Petunjuk ketiga, Shi Won dan Na Jung dulunya tidak menyadari perasaan cinta mereka terhadap (calon) suami masing-masing karena bercampur dengan rasa sayang kekeluargaan. Mungkin saja Duk Sun juga begitu, terhadap Taek yang sejak kecil sudah ia sayangi dan perhatikan seperti saudara sendiri.

Duk Sun gendong Taek yang kakinya patah. (episode 2)

Duk Sun tidur bareng Taek yang sakit. (episode 10, 20)

Duk Sun menyiapkan baju Taek...

...supaya Taek tetap hangat. (episode 9)

Duk Sun berusaha menukar kamar Taek...

...karena kamarnya berisik dan terlalu dingin. (episode 9)

Duk Sun membawa penghangat jauh-jauh dari Korea...

...agar tidur Taek hangat, nyaman, dan lelap. (episode 9)

Duk Sun rela antre berjam-jam kedinginan...

...supaya Taek bisa makan dengan baik. (episode 9)

            Keempat, suami pemeran utama cewek adalah orang yang jenius. Pilihannya ada tiga dalam Reply 1988 ini; Sun Woo yang merupakan anak dan murid teladan serba bisa, Jung Hwan yang ganti-gantian ranking satu dengan Sun Woo, atau Taek yang pemain baduk yang masih muda dan tidak terkalahkan.

            Kelima, secara teknis, suami pemeran utama cewek adalah cowok yang pertama kali ciuman dengan cewek tersebut. Dalam Reply 1988, cowok yang pertama berciuman dengan Duk Sun yaitu Taek.

Tatap-tatapan, lalu ciuman. (episode 17)

            Keenam, suami pemeran utama cewek adalah cowok yang punya momen berduaan dengannya di adegan flashback masa kanak-kanak. Shi Won dengan Yoon Jae, Na Jung dengan Sseuregi, dan Duk Sun dengan Taek.

Episode demi episode, suami Duk Sun di masa depan serta merta memberi petunjuk siapa dia pada masa mudanya. Petunjuk ini muncul pada episode 2 dan bagi aku merupakan petunjuk utama. Yaitu, bahwa suami Duk Sun adalah seorang perokok (by the way, suami Shi Won dan suami Na Jung juga perokok).

Suami Duk Sun seorang perokok.

            Dari empat cowok teman Duk Sun, pada episode 1, ketika Sun Woo dikira ibunya merokok, aku jadi tahu kalau Sun Woo dan Jung Hwan tidak merokok. Sementara Dong Ryong tidak mungkin merokok karena di episode 16 saat dia dan Duk Sun sama-sama terlambat dan di bus yang mereka berdua naiki ada seorang kakek yang merokok, Dong Ryong tidak suka asap rokok yang dihembuskan kakek tersebut. Tinggal Taek.

Masih remaja sudah merokok saja, Taek.

            Yap. Taek adalah seorang perokok. Penampakan pertama Taek merokok muncul pada episode 9 ketika Duk Sun memanggil Taek untuk memulai pertandingan baduk, Taek sedang merokok dalam ruang tunggu. Kali kedua bukti Taek seorang perokok yaitu pada episode 12, saat sudah larut malam, Sun Woo dan Bo Ra yang masih pacaran rahasia sedang berpelukan, Taek ke luar halaman hendak merokok.

Yang satu diam-diam merokok, yang satu lagi diam-diam pacaran.

Masih di episode 12, Duk Sun takut bertemu lagi dengan pria mesum, jadi Taek menunggui Duk Sun di depan toilet sambil merokok.

Memang mau merokok, atau alasan saja?

Juga di episode 17 ketika Jung Hwan menonton bintang jatuh dan berharap Taek adalah seorang bajingan, di balkon seberang Taek sedang merokok.

Cie, yang ketahuan merokok oleh Jung Hwan.

            Lagi, saat Duk Sun terkunci tidak bisa masuk ke kamar hotel dan duduk menunggu di lobi, di episode 19, Taek tampak merokok di luar hotel dekat pintu kaca.

Habis makan, Taek tidak lupa merokok.

            Kerennya lagi, sepertinya Taek seorang perokok ini sudah disiapkan dari jauh-jauh hari oleh penulis skenario Reply 1988 sebab pada episode-episode sebelumnya saku celana Taek selalu terlihat menggembung seperti berisi kotak rokok.


Petunjuk yang tidak kalah penting yang menunjukkan Taek adalah suami Duk Sun di masa depan yakni suami Duk Sun menggunakan tangan kiri alias kidal.

Suami Duk Sun minum pakai tangan kiri. (episode 2)

Suami Duk Sun minum pakai tangan kiri lagi. (episode 9)

            Baik itu Jung Hwan, Sun Woo, maupun Dong Ryong, ketiganya menggunakan tangan kanan. Sementara Taek terlihat selalu menggunakan tangan kiri, terutama saat dia makan atau merokok. Karena fakta suami Duk Sun kidal muncul di episode 2 dan 9, jadi aku mencari adegan kidalnya Taek hanya dari episode 2 sampai 9. Tentu saja dalam episode-episode selain 8 episode tersebut juga muncul adegan Taek menggunakan tangan kiri.

Taek pakai tangan kiri. (episode 3)

Taek pakai tangan kiri. (episode 4)

Taek pakai tangan kiri. (episode 9)

Taek pakai tangan kiri. (episode 9)

            Saat melihat foto saat tahun 1988, suami Duk Sun bilang bahwa Duk Sun dulu cantik.

Suami Duk Sun bilang dulu Duk Sun cantik. (episode 9)

            Taek saat tahun 1988 secara terang-terangan sering bilang Duk Sun cantik. Jung Hwan meskipun merasa Duk Sun cantik, Jung Hwan malu mengakuinya langsung (episode 7, saat makan ramyeon dengan Sun Woo).

Duk Sun selalu cantik di mata Taek, dan dia terus terang bilang langsung ke orangnya. (episode 9)

            Suami Duk Sun butuh waktu lama sebelum bisa bersikap informal dan santai terhadap No Eul (adik Duk Sun).

Suami Duk Sun dulu susah banmal pada No Eul. (episode 8)

            Taek selalu membawa pulang buah-buahan setiap pulang pertandingan. Pernah satu kali Taek mengantarkan sekantung buah ke rumah Duk Sun, mereka mengobrol santai berdua. Begitu No Eul datang, Taek mengubah posisi duduknya seperti bersikap menghormati No Eul.

Taek susah banmal pada No Eul. (episode 14)

            Suami Duk Sun tidak menerima cokelat dari Duk Sun. Waktu itu Duk Sun memasukkan cokelatnya ke dalam tas seseorang (episode 2).

Duk Sun memberikan cokelatnya kepada Sun Woo, Om.

            Cowok yang mutlak nggak dapat cokelat pasti lah Taek. Soalnya di antara onggokan tas-tas dekat pintu masuk tersebut tidak ada tas Taek.

            Suami Duk Sun punya banyak mantan sebelum menikah dengan Duk Sun (episode 6).

Bisa makan waktu semalaman membahas mantan-mantan pacar suami Duk Sun.

            Taek jadi pembicaraan orang-orang kompleks karena sering ikut kencan buta. Banyak cewek secara bergantian jadi pacar Taek, tapi hubungan Taek dengan masing-masing mereka berakhir dalam waktu singkat (episode 18).

            Suami Duk Sun adalah pembaca manhwa/komik level tinggi (episode 18).

Suami Duk Sun sampai sekarang masih suka baca komik.

            Kepada siapa mereka meminjam komik setiap kalinya? Taek (misalnya episode 2). Kalau tiga cowok lainnya, terutama Jung Hwan dan Dong Ryong, lebih sering terlihat membaca novel mesum.

            Suami Duk Sun tidak suka diwawancara sejak dulu. Sedangkan Taek hampir selalu menolak permintaan wawancara dari siapapun.

Suami Duk Sun sejak dulu tidak suka diwawancarai. (episode 18)

            Suami Duk Sun memakai baju yang tipis padahal cuaca sedang dingin.

Suami Duk Sun jarang memakai baju yang hangat. (episode 9)

            Padahal yang lain pakai baju dan jaket berlapis-lapis karena saking dinginnya, Taek malah keluar rumah tanpa kaus kaki, bahkan Taek sering memakai sehelai kaus saja.

Taek sering pakai baju tipis. (episode 9)

            Begitulah. Dengan semua petunjuk ini, pada akhirnya memang Taek lah yang menjadi suami Duk Sun di masa depan. Selamat untuk Taek dan Duk Sun! *tebar bunga*

Terlepas dari betapa bahagianya aku atas fakta suami Duk Sun di Reply 1988 adalah Taek, aku sesungguhnya kecewa karena tidak ada adegan acara pernikahan Taek dan Duk Sun. Mungkin karena fokus penulis skenario dan sutradaranya nggak cuma pada percintaan Duk Sun saja kali ya. Bagaimanapun, aku sangat merekomendasikan drama ini. Humornya pas, bikin terharunya pas, ada banyak nilai moral dan budaya terselip, dengan tema dan topik yang nggak jauh dari kehidupan sehari-hari. Lebih klop lagi kalau ditonton dulu Reply 1997, lalu dilanjut Reply 1994, baru nonton Reply 1988.





            Bonus. Salah satu konsistensi favorit aku dalam drama ini; Taek yang dulu maupun Taek di masa depan sama-sama tidak bisa membuka kemasan camilan.

Bagi Taek, lebih mudah menyelesaikan kubus rubik dalam beberapa detik daripada membuka bungkus yogurt. (episode 4)


Sudah kepala empat, Taek malah level up, nggak bisa buka kaleng kue. (episode 20)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pondok Pikir Resti Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template